HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

UU Perlindungan Kaum Transgender Segera Diberlakukan Kanada

3

HARIANACEH.co.id – Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan bahwa Kanada akan mengeluarkan undang-undang untuk melindungi kaum transgender dari tindakan diskriminasi.

Langkah ini dilakukan Kanada di tengah memanasnya perdebatan politik soal penegakan hak kaum transgender di Amerika Serikat (AS). “Kita harus terus menuntut kesetaraan yang sebenar-benarnya,” kata Trudeau, seperti dikutip Reuters, Selasa (17/5/2016).

Trudeau yang beraliran liberal ini juga mengatakan UU yang menjamin perlindungan penuh kaum transgender di Kanada akan diajukan paling lambat Selasa (17/5/2016) pagi waktu setempat.

“Kita harus melanjutkan upaya mereka yang telah berjuang untuk keadilan dengan berani dan ambisius dalam tindakan kita, dan kita harus bekerja dengan tekun untuk menutup kesenjangan antara prinsip dan realitas,” ujarnya.

Trudeau juga sudah memberikan mandat kepada menteri kehakiman Kanada yang menyatakan bahwa ia akan memperkenalkan UU untuk menambahkan identitas gender sebagai dasar pelarangan diskriminasi di bawah aturan Hak Asasi Manusia.

Penegakan hak transgender merupakan bagian dari perdebatan yang cukup sengit di AS belakangan ini, meski merupakan masalah yang kurang disorot di Kanada.

Negara bagian North Carolina di AS pada awal tahun ini mengesahkan UU kontroversial yang melarang warga menggunakan toilet publik yang tidak sesuai dengan jenis kelamin mereka ketika lahir.

Toilet untuk semua gender di AS.(AFP)
Toilet untuk semua gender di AS.(AFP)

Pemerintahan Presiden Barack Obama pun bereaksi, dan menyerukan agar seluruh manajemen sekolah umum di AS diizinkan semua siswanya menggunakan kamar mandi pilihan mereka.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time