HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

51 Negara Muslim Anggota PBB Blokir LGBT

5

HARIANACEH.co.id – Sebanyak 51 negara Muslim anggota PBB telah memblokir sebelas organisasi gay, lesbian dan transgender (LGBT) dari kehadirannya di pertemuan tingkat tinggi di PBB bulan depan.

“Mengingat bahwa transgender 49 kali lebih mungkin hidup dengan virus HIV AIDS dibandingkan populasi umum, kehadiran mereka di pertemuan PBB akan menghambat kemajuan global dalam memerangi HIV AIDS,” kata duta besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Samantha Power, seperti dikutip Reuters, Rabu (18/5/2016).

Mesir juga telah menulis nota keberatan atas nama Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menolak partisipasi sebelas kelompok tersebut.

Namun, seorang pejabat PBB mengatakan Uni Eropa dan Kanada memprotes keberatan tersebut, yang kebanyakan berasal dari negara dengan mayoritas Muslim seperti Arab Saudi, Iran, Indonesia, Sudan dan Uganda.

Para pendukung LGBT-AFP
Para pendukung LGBT/AFP

Apalagi, Kanada baru saja menyatakan hendak mensahkan undang-undang untuk melindungi kaum transgender dari tindakan diskriminasi. Pernyataan ini dikeluarkan langsung oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Isu-isu hak LGBT dan partisipasi organisasi terkait dalam acara PBB telah lama diperdebatkan. Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon telah mendorong kesetaraan LGBT, namun hal tersebut masih terganjal protes dari negara-negara Islam.

Pada 2014, Ban mengatakan PBB akan mengakui semua pernikahan sesama jenis di stafnya. Namun, hal itu ditentang keras oleh Rusia dan 43 negara anggota PBB lainnya.

Pada Februari lalu, grup Afrika, OKI dan Group of Friends of the Family yang dipimpin oleh Belarusia, Mesir dan Qatar memprotes enam perangko PBB yang mempromosikan kesetaraan LGBT.

loading...