HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jabat Kabareskrim, Inilah Tiga Jenderal Yang Dinilai Pantas

10

HARIANACEH.co.id – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Anang Iskandar memasuki usia pensiun, Rabu 18 Mei. Namun, ia akan tetap bekerja hingga Rabu 1 Juni.

Polri diperkirakan, akhir bulan ini, mengangkat seorang jenderal bintang dua atau inspektur jenderal untuk menggantikan Anang.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia Edi Hasibuan, Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri dalam waktu dekat bakal menyeleksi siapa saja yang dianggap pantas menjadi Kabareskrim.

“Biasanya, Wanjakti Polri mengusulkan dua atau tiga nama untuk disetujui atau dipilih presiden sebagai Kabareskrim. Saya memandang yang lebih pas ya yang dari reserse,” kata Edi di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Nama-nama yang Edi anggap berpeluang, antara lain Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Irjen Arman Depari, Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto, dan Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Anas Yusuf.

Edi mengatakan, Arman salah satu perwira tinggi yang kariernya baik dan memahami reserse. Salah satu jabatan strategis yang pernah Arman emban ialah Kepala Densus 88 Polda Sumatera Utara.

Sedangkan catatan karir Moechgiyarto adalah pernah menjabat Kapolda Jawa Barat dan Kepala Divisi Hukum Polri. Ia lulusan terbaik Akademi Kepolisian 1986.

Anas juga pernah memimpin Polda tipe A seperti Moechgiyarto, yakni di Jawa Timur. Menurut salah satu sumber Media Indonesia di Bareskrim, Anas kandidat terkuat untuk menggantikan Anang.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigjen Boy Rafli Amar mengatakan, Polri sedang menggodok sejumlah nama untuk menjadi Kabareskrim. Boy menyampaikan, para calon pengganti Anang perwira senior. “Mereka adalah jenderal bintang dua.”

Komentar
Sedang Loading...
Memuat