HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jessica Bebas Demi Hukum, Polisi Harus Beri Sangkaan Baru

6

HARIANACEH.co.id – Polisi diburu waktu untuk melengkapi berkas perkara kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica Kumala Wongso. Jika berkas itu tidak dinyatakan lengkap sampai batas waktu penahanannya habis pada 28 Mei 2016, maka Jessica akan bebas demi hukum.

Kriminolog Universitas Indonesia Andrianus Meliala menegaskan, jika Jessica bisa bebas maka proses hukum yang disangkakan kepadanya sebagai pembunuh Mirna dengan ‘kopi racun’ berhenti. Polisi tidak bisa melanjutkan proses hukum tersebut.

Menurutnya, polisi baru bisa membuka kembali kasus tewasnya Mirna jika polisi memberikan sangkaan baru terhadap tersangka Jessica. “Baru kemudian jika polisi menemukan novum (bukti baru) dan sangkaan baru , barulah kemudian kasusnya dibuka lagi. Kalau masa penahannya habis dia bebas demi hukum ya sudah bebas. Peroses (hukum) enggak bisa dilanjutkan lagi,” kata  Andrianus saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Namun, ia tidak yakin jika polisi harus memberikan sangkaan baru terhadap Jessica dari kasus tersebut.  Pasalnya, berkas sangkaan pertama saja sudah berkali-kali di kembalikan.

“Misalnya sangkaan pertama dia (Jessica) disangkakan menaruh racun ke kopi. Sangkaan barunya enggak bisa itu. Tapi masalahnya untuk yang ini saja polisi kesulitan. Saya juga enggak mengerti kenapa jaksa mengeras,” ungkapnya.

Menurutnya bolak-baliknya berkas perkara dari polisi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI mencerminkan hubungan yang tidak produktif. “Berkas kelima bukan berarti lebih baik dari berkas pertama yang dikirim (ke Kejati DKI). Bolak balik ini hubungan yang tidak produktif. Padahal kan polisi sudah melobi (ke jaksa) polisi tidak memiliki alat bukti langsung yang memperlihatkan racun sianida itu dimasukan ke dalam kopi. Kelihatannya jaksa mau bekerja sama tapi mengeras lagi,” tandas dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time