HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kesetaraan Gender Di Kawasan ASEAN Didukung Pemerintah Kanada

25

HARIANACEH.co.id – Proteksi terhadap hak asasi perempuan dan kesetaraan gender adalah salah satu keyakinan utama dalam kebijakan luar negeri dan dalam agenda pembangunan internasional pemerintah Kanada.

“Kami percaya kesetaraan gender bukan hanya persoalan hak asasi manusia, tetapi merupakan komponen penting untuk pembangunan berkelanjutan, keadilan sosial, perdamaian dan keamanan,” ungkap Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie-Louise Hannan, kepada awak media di Hotel Shangrila, kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2016).

Pemerintah Kanada juga mendukung pemberdayaan perempuan Asia Tenggara di kawasan ASEAN.

Kanada bersedia berkolaborasi dengan Badan ASEAN untuk HAM dalam membuat program berjudul “Improving Women’s Human Rights in Southeast Asia” yang telah berlangsung selama lima tahun dan berakhir Juni mendatang.

Program ini dilaksanakan di delapan negara, yaitu Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Filipina, Thailand, Timor-Leste, dan Vietnam.

Selain itu, UN Women bersama Pemerintah Kanada ingin membuat perempuan di Asia Tenggara dapat berpartisipasi sebagai mitra setara, pembuat keputusan dan penerima manfaat dari pembangunan berkelanjutan.

Selama melaksanakan program, delapan negara tersebut telah memberlakukan sejumlah undang-undang baru yang sesuai dengan Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW).

Negara-negara tersebut telah mengadopsi rencana strategi nasional untuk memajukan hak-hak perempuan.

UN Women juga melakukan peningkatan kapasitas kepada lebih dari 1.400 orang untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, mulai dari pemerintah, anggota parlemen, jaksa hingga hakim.

Tantangan besar dalam peningkatan kapasitas ini adalah status ekonomi perempuan yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Karena itu, UN Women menilai sangatlah penting bagi perempuan untuk memberikan kontribusi di dunia internasional.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat