HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ledia Hanifa: UU Perlindungan Anak Harus Disosialisasikan

7

HARIANACEH.co.id – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ledia Hanifa Amaliah menilai, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak harus disosialisasikan dan diimplementasikan. Hal itu guna menekan kasus kekerasan seksual terhadap anak.

“Kami dari komisi VIII berkali-kali kami sampaikan ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait aspek berkaitan penegakan hukum. (UU itu) harus disosialisasikan kepada penegak hukum baik di kepolisian, kejaksaan dan kehakiman,” kata Ledia, Rabu (18/5/2016).

Menurut Politikus PKS ini, selama ini vonis ringan kerap diberikan kepada pelaku. Padahal vonis tersebut tidak memberikan dampak yang berarti terhadap masa depan korban.

“Masyarakat gelisah dengan tuntutan yang biasanya minimal. Sehingga tidak ada rasa jera dan (malah) berulang-ulang (dilakukan). Ini mengerikan sekali,” ucap dia.

Ledia pun mendukung rencana pemerintah untuk menerbitkan Perppu tentang hukuman tambahan bagi pelaku kekerasan seksual.  Dia berharap Perppu itu tidak hanya menyangkut pemberatan hukuman saja tetapi juga rehabilitasi bagi pelaku dan pendampingan bagi korban.

“Pelaku laki-laki, ketika ditelusuri, ternyata dia korban waktu kecil. Tapi, ada yang masih hidup. Efeknya luar biasa mengerikan. Mereka bisa alami trauma, bahkan gangguan kejiwaan sampai dewasa,” ungkap dia.

Hal serupa disampaikan Psikolog Novita Tandry. Menurutnya, 90 persen pelaku adalah mereka yang tidak pernah menjalani rehabilitasi. “Itu enggak butuh satu atau dua bulan. Itu urusan bertahuntahun,” ucap Novita.

Deputi Kementerian PPA Pri Budiarta Sitepu sudah menyiapkan peningkatan sarana dan prasarana untuk rehabilitasi. Dia mengatakan, upaya pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual harus dilakukan secara menyeluruh oleh kementerian/lembaga.

“Harus ada pencegahan dan kita semua bergerak,” katanya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time