HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

500.000 Petani Beralih Profesi Setiap Tahunnya

15

HARIANACEH.co.id — Ketua Umum Forum Tani Indonesia (Fortani) Wayan Supratno mengatakan jumlah petani mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tercatat 500.000 petani mulai meninggalkan profesi ini setiap tahunnya.

Menurunnya jumlah petani juga disebabkan anak muda yang tidak terpanggil hatinya untuk menjadi petani. Bahkan, mahasiswa lulusan sarjana pertanian juga enggan untuk terjun ke sektor pertanian.

“Anak muda tidak mau bertani, termasuk sarjana pertanian,” keluh Wayan saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Wayan tidak ingin menyalahkan kampus yang meluluskan banyaknya sarjana pertanian. Namun, Ia ingin pemerintah juga bisa mengurai apa yang menjadi penyebab anak muda menjadi enggan untuk menjadi petani maupun terjun ke sektor pertanian.

“Harus ada uraian, mungkin dari ekosistemnya, musti dicari sebabnya, bisa salah manusia itu sendiri, salah ekosistem atau kampus perlu dikaji ulang,” paparnya.

Ia meminta kepada Komisi IV DPR untuk merubah paradigma lama dan membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Wayan meminta agar pembangunan pertanian disertai dengan tujuan kesejahteraan petani agar para petani punya motivasi untuk menggeluti profesi ini.

“Jika ingin anak cucu kami bertani dengan bangga, maka aturan mainnya harus diubah supaya mendapatkan keuntungan agar layak hidup, fondasinya di sana,” pungkasnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat