HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Pimpinan Militan Taliban Baru

18

HARIANACEH.co.id — Kelompok militan Taliban menunjuk tokoh berpengaruh Haibatullah Akhundzada sebagai pemimpin baru mereka setelah mengonfirmasi kematian Mullah Akhtar Mansour akibat serangan udara Amerika Serikat.

“Haibatullah Akhundzada telah ditunjuk sebagai pemimpin baru Islamic Emirate (Taliban) setelah adanya keputusan bulat dewan syura, dan semua anggota mendeklarasikan kesetiaannya kepada dia,” ucap Taliban dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Rabu (25/5/2016).

Sirajuddin Haqqani, salah satu buruan pasukan AS, dan juga Mullah Yakoub, anak dari pendiri Taliban Mullah Omar, ditunjuk sebagai wakil Akhundzada.

Haibatullah adalah satu dari dua wakil Mansour, pemimpin Taliban yang tewas dalam serangan udara AS pada Sabtu. Mansour menjadi petinggi Taliban pertama yang tewas diserang AS di tanah Pakistan.

Kematian Mansour merupakan pukulan telak bagi Taliban, sembilan bulan setelah dia ditunjuk memimpin Taliban di tengah konflik internal.

Penunjukan Haibatullah terjadi setelah dewan syura Taliban menggelar rapat darurat pada Minggu di Pakistan, untuk mencari sosok baru yang dapat menyatukan kekuatan.

Sejumlah sumber di Taliban mengatakan kepada AFP bahwa anggota dewan syura bergerak secara sembunyi-sembunyi dan kerap mengganti lokasi pertemuan untuk menghindari kemungkinan serangan udara.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat