HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Radang Tenggorokan Bisa Memicu Masalah Jantung

6

HARIANACEH.co.id — Radang tenggorokan memberi banyak dampak berbahaya pada kesehatan tubuh, salah satunya pada organ jantung.

Dijelaskan Dr.dr. Cita Herawati, SpTHT-KL, Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher RS Dharmais Jakarta, salah satu penyebab radang tenggorokan adalah berubahnya fungsi amandel.

Amandel, yang seharusnya mengeluarkan antibodi untuk membunuh kuman yang masuk–pada beberapa kasus–malah menyatu dengan antigen lain, yang berasal dari kuman Streptococcus beta hemoliticus, dan kemudian menyebar di darah dan menyebabkan peradangan atau infeksi pada bagian tertentu. Misal, jantung.

“Kuman bisa menempel di berbagai daerah, seperti katup jantung dan menyebabkan jantung rematik, atau di bagian sendi sehingga muncul peradangan,” ujar Cita.

Dia menambahkan, amandel normalnya mengalamin regresi pada usia 12 tahun. Sebab, pada usia tersebut daya tahan tubuh telah sempurna sehingga fungsi amandel tergantikan.

Selain amandel, regresi atau kemunduran fungsi organ juga terjadi pada usus buntu, yang mana ukuran organ tersebut akan semakin mengecil dan tidak berfungsi seiring bertambahnya usia.

loading...