HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Transisi Kepemimpinan Disiapkan Militan Taliban

3

HARIANACEH.co.id — Kelompok militan Taliban saat ini tengah mempersiapkan transisi kepemimpinan dalam organisasi mereka.

Pergantian tersebut dilakukan setelah kabar tewasnya pemimpin mereka Mullah Mansur. Tewasnya Mansur diakibatkan oleh serangan pesawat pengebom tak berawak milik Amerika Serikat (AS).

Dalam pernyataan berbahasa Pashto yang dirilis ke media pro-Taliban, seorang anggota senior kelompok yang disebut Rahbari Shura, atau dewan pimpinan, mendesak anggota Taliban agar tidak memperhatikan dan tidak menarik kesimpulan sendiri. Hal itu tentunya terkaitnasib Mansoor setelah muncul laporan-laporan yang diciptakan sendiri oleh musuh-musuh Taliban.

Dalam pernyataan itu, seorang anggota dewan yang tidak disebutkan namanya menunjuk pada apa yang dikatakannya ‘pengorbanan besar’ oleh Taliban. Mereka menyebutkan bahwa kelompok itu tidak akan membiarkan musuh memecah belah mereka.

Seorang pejabat Taliban lainnya, yang dikutip dalam pernyataan terpisah, mengatakan bahwa gerakan itu tidak akan “melemah dan berkurang semangatnya” bahkan jika berita kematian pemimpinnya itu akurat.

“Kelompok ini tidak bergantung pada individu dan mampu dengan cepat mengisi kekosongan kepemimpinan. Kematian Mansoor, jika benar, hanya akan meningkatkan jajaran Taliban dan menciptakan tantangan keamanan lebih besar bagi Amerika dan rezim Kabul,” tegas pihak Taliban, seperti dikutip VOA Indonesia, Rabu (25/5/2016).

Komandan pasukan NATO di Afghanistan, Jenderal John Nicholson Selasa 24 Mei menegaskan bahwa Mansoor menghalangi upaya perdamaian dan rekonsiliasi.

“Dua hari yang lalu kami membunuh Mullah Mansour karena ia menghalangi perdamaian,” kata jenderal Amerika itu ketika berbicara di kota Kandahar, Afghanistan selatan yang berbatasan dengan Pakistan.

loading...