HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lima Orang Tewas Pasca Kapal Pengungsi Terbalik Di Lepas Pantai Libya

8

HARIANACEH.co.id — Sebuah perahu kayu berukuran besar yang penuh sesak dengan para pengungsi terbalik di lepas pantai Libya. Insiden ini mengakibatkan lima pengungsi tewas.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (26/5/2016), 562 pengungsi lainnya berhasil diselamatkan oleh otoritas Italia. Perahu nelayan berwarna biru tersebut tergoyang keras sebelum terbalik, membuat para imigran jatuh ke laut.

Beberapa imigran kemudian naik ke lambung kapal yang terbalik, sementara yang lain berenang ke kapal penyelamat atau menuju kapal angkatan laut.

perahu pengungsi terbalik 1
perahu pengungsi terbalik , (reuters)

Para perenang Angkatan Laut Italia juga terlihat menarik para imigran dengan pelampung. Perempuan dan anak-anak termasuk di antara mereka yang diselamatkan, namun tidak ada rincian kewarganegaraan para imigran.

Perahu patroli milik Angkatan Laut Italia, Bettica, melihat bahwa kapal itu dalam kesulitan dan mendekatinya untuk membagikan jaket. Namun penyelamatan terlambat setelah kapal terbalik karena gerakan tiba-tiba dari penumpang.

perahu pengungsi terbalik 2
perahu pengungsi terbalik , (reuters)

Kedatangan kapal imigran meningkat tajam pada minggu ini di tengah cuaca yang hangat dan laut yang tenang. Penjaga pantai Italia mengatakan 5.600 migran diselamatkan pada hari Senin dan Selasa, sementara pemerintah takut angka imigran meningkat karena kondisi terus membaik.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan, dalam dua tahun terakhir, lebih dari 320.000 imigran dengan perahu telah tiba di pantai Italia, dan sekitar 7.000 orang di antaranya meninggal di Mediterania karena berusaha untuk mencapai Eropa.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat