HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Komandan ISIS Di Fallujah Dibunuh Tentara Syiah Irak

26

HARIANACEH.co.id — Militer Irak melaporkan bahwa komandan tinggi kelompok militan Islamic State (ISIS) tewas dalam operasi penyerangan udara di provinsi Anbar.

Dalam sebuah pernyataan Komando Operasi Gabungan Irak, seperti dilansir alalam.ir, Kamis (26/5/2016), helikopter Mi-28 dan Bell melancarkan serangan terarah terhadap sebuah restoran di kota Fallujah, sekitar 69 kilometer dari Baghdad.

Serangan dilakukan saat seorang komandan dan sepuluh ajudannya sedang makan bersama. Militan yang tidak disebutkan namanya itu disebut-sebut sebagai wakil gubernur Fallujah yang diklaim ISIS sebagai salah satu markas besar mereka.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mendorong pasukannya untuk melakukan upaya maksimal dalam membebaskan Fallujah dan warganya dari jeratan ISIS.

Rabu kemarin, ulama besar Syiah Ayatollah Ali al-Sistani mendesak pasukan pemerintah Irak dan pejuang Popular Mobilization yang terlibat dalam operasi di Fallujah untuk melindungi warga sipil yang terperangkap.

Kementerian Pertahanan Irak melaporkan bahwa ISIS telah mengeksekusi mati beberapa warga syiah di Fallujah yang menolak bergabung dan memeriksa pasukan pemerintah.

tentara Iraq
Tentara syiah Irak bergerak menuju Baiji. (AFP)

Komandan Batalion 3 Brigade 30 Irak, Kolonel Mahmoud Morzi al-Jumaili, mengatakan seorang penembak jitu juga berhasil membunuh seorang petinggi ISIS di kota al-Karmah, yang terletak 13 kilometer dari Fallujah.

Militan yang tewas ditembak sniper itu adalah Qasim Akkab, atau lebih dikenal dengan sebutan Qasim Abu Maa.

Mayor Jenderal Ismail al-Mahlawi, komandan pasukan Irak dalam operasi di Anbar, mengatakan kepada saluran televisi al-Sumaria bahwa pasukannya berhasil membunuh 100 militan ISIS dan menghancurkan 18 kendaraannya di wilayah selatan Fallujah dan sungai Jazirah al-Khaldiyah.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat