HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hari Ini Publik UJi Dua Peraturan KPU

3

HARIANACEH.co.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar uji publik terhadap dua Peraturan KPU (PKPU) terkait pemilihan di daerah otonomi khusus (Otsus) dan pemutakhiran data pemilih. Dua PKPU tersebut nantinya digunakan dalam Pilkada 2017.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menuturkan, dua PKPU itu adalah Perubahan atas PKPU Nomor 4/2015 tentang Pemutakhiran Data Pemilih, dan PKPU tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Bupati dan Wakil Bupati Aceh, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Wilayah Aceh, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat.

“Kebutuhan daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2017 diatur berbeda proses penyelenggaraannya. Ada lima daerah yang mempunyai kekhususan,” kata Husni di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2016).

KPU akan mempedomani apa saja yang diatur undang-Undang pembentukan provinsinya masing-masing dalam mengatur proses pemilihan kepala daerah. Aturan khusus penting diatur dalam PKPU.

“Kami berpandangan penting kita atur secara khusus dalam PKPU agar mudah membacanya. Pengaturan lainnya ada samanya, tapi kadar pengaturannya beda, ada juga yang beda sama sekali,” kata Husni. Aceh misalnya. Di sana ada parpol lokal yang diakomodasi punya hak mencalonkan kepala daerah.

KPU Gelar Uji Publik
KPU Gelar Uji Publik Dua Peraturan KPU, (MTVN/Ilham Wibowo)

Selain dihadiri Komisioner KPU, uji publik juga dihadiri perwakilan partai politik, aktivis kepemiluan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) kepemiluan, pimpinan lembaga pemerintah non kementrian, pimpinan perguruan tinggi serta masyarakat.

Sebelumnya, KPU telah menggelar dua kali uji publik atas lima PKPU lain. Pertama, pada 14 Maret 2016, membahas draft PKPU program tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan menjadi PKPU Nomor 3/2016. Pada 18 April 2016 menguji publik empat PKPU, yaitu PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan, PKPU Nomor 6/2015 tentang Norma, Standar, Prosedur, Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan, PKPU Nomor 7 tentang Kampanye serta PKPU Nomor 10 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

loading...