HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengemis Disterilkan dari Masjid Bersejarah

8

HARIANACEH.co.id — Sejumlah masjid bersejarah di DKI Jakarta diawasi petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian Sosial (P3S) dari Dinas Sosial selama Ramadan. Pasalnya, banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) berkeliaran di masjid.

Pengawasan dilakukan agar PMKS, seperti anak jalanan, pengamen, dan pengemis mendapatkan perhatian khusus dan tidak mengganggu jemaah yang hendak beribadah. Masjid yang diawasi, di antaranya Masjid Istiqlal, Masjid Cut Meutia, dan Masjid Sunda Kelapa.

“Tim P3S akan memantau ketiga masjid tersebut, baik siang, sore menjelang buka puasa, dan malam ketika salat tarawih. Sebenarnya tidak hanya tiga masjid tersebut, tetapi masjid yang lain juga,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Susana Budhi Susilowati, Selasa (7/6/2016).

Walaupun di beberapa masjid sudah pengamanan, lanjut Susana, tetapi seringkali tidak mampu mengawasi seluruh PMKS yang membeludak saat Ramadan. Menurut Susan, PMKS kerap kali memanfaatkan keberadaan jemaah di masjid-masjid legendaris di Jakarta.

“Kami berkolaborasi dalam mengamankan masjid dari PMKS, terutama pengemis,” tuturnya.

Petugas P3S
Petugas P3S menertibkan seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial, (MTVN/Ilham Wibowo)

Susana menjelaskan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaah untuk beribadah. Ia pun menyarankan agar warga Jakarta tidak memberi sedekah kepada PMKS di masjid.

“Sebaiknya, salurkan amal sedekah ke masjid atau lembaga resmi yang telah ditunjuk,” tuturnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time