HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Cara Unggah Pengetahuan Langsung ke Otak Manusia Ditemukan Ilmuwan

4

HARIANACEH.co.id — Sejak dulu hingga saat ini pengetahuan merupakan sesuatu yang harus dipelajari terlebih dulu. Namun di berbagai film fiksi ilmiah seperti The Matrix, pengetahuan bisa diunggah secara langsung ke otak sehingga sesorang tidak perlu belajar untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.

Baru-baru ini, ilmuwan dari HRL Laboratories yang bermarkas di California, Amerika Serikat, menemukan cara untuk mengaplikasikan metode upload pengetahuan seperti yang ada di film The Matrix, namun dengan skala yang lebih kecil.

Menurut Telegraph, para ilmuwan tersebut saat ini menemukan cara bagaimana agar seseorang bisa menyerap pengetahuan secara lebih optimal. Konsep yang digunakan cukup sederhana.

Pertama peneliti mencari ahli di suatu bidang dan merekam kinerja otaknya saat melakukan sebuah pekerjaan tertentu. Rekaman kinerja otak tersebut kemudian diunggah ke otak orang lain sambil melakukan pekerjaan yang serupa.

Hasilnya, gelombang otak penerima akan memiliki pola yang sama dengan orang sebelumnya yang merupakan ahli di suatu bidang. Dengan demikian, orang yang baru belajar bisa mendapat pengetahuan secara cepat dan lebih efektif.

Menurut penelitian yang dirilis dalam jurnal yang berjudul Frontiers in Human Neuroscience, peneliti HRL Laboratories menemukan bahwa metode “unggah pengetahuan” ini bisa membuat kemampuan penyerapan pengetahuan seseorang meningkat hingga 33 persen.

“Sistem yang kami kembangkan adalah sistem simulasi pada otak yang pertama di dunia. Sistem ini memang terlihat seperti fiksi belaka, namun ini adalah sains dan kami telah membuktikannya,” ujar salah satu peneliti, yaitu Dr. Matthew Phillips.

Selain telah diuji di beberapa bidang pekerjaan seperti penerbangan, sistem ini rencananya akan terus dikembangkan hingga bisa tampil lebih optimal dan dengan perangkat yang lebih praktis.

loading...