HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Saat Berpuasa: Waspadai Sakit Kepala dan Gula Darah Rendah

8

HARIANACEH.co.id — Selain masalah pencernaan, sakit kepala dan gula darah yang menurun perlu diwaspadai saat menjalankan ibadah puasa.

Sakit kepala biasanya terjadi karena menahan rasa kantuk dan kaget karena kebiasaan merokok atau minum kopi saat bekerja tidak dilakukan.

“Coba biasakan tidur cukup dan kurangi kebiasaan merokok dan minum kopi pada bulan puasa,” saran Dr. Epistel P. Simatupang. SpPD-iKGEH, FINASIM, FPCP, FACP selaku dokter spesialis penyakit di acara media gathering bulanan di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Selain itu, saat berpuasa kebanyakan penderita diabetes akan mengalami penurunan gula darah karena tidak sahur dan tetap meminum obat-obatan diabetes.

“Oleh karena itu, untuk penderita diabetes sebaiknya konsultasi lebih dulu ke dokter bila ingin berpuasa. Terutama dalam hal pola minum obat,” katanya.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat berpuasa, yaitu, asupan gizi seimbang, minum air putih 6-8 gelas per hari, tidur cukup, olahraga secukupnya, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minum kopi.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time