HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

4 Orang Tewas Pasca Penembakan di Pusat Perbelanjaan Israel

12

HARIANACEH.co.id — Dua warga Palestina membunuh empat orang dan melukai enam lainnya setelah melepaskan tembakan senjata api di pusat perbelanjaan dan restoran populer di Tel Aviv, Israel, Rabu (8/6/2016).

Seperti dilansir BBC, serangan terjadi di dua lokasi di Pasar Sarona, yang berdekatan dengan Kementerian Pertahanan serta markas utama militer Israel.

Polisi di lokasi penembakan di Tel Aviv, Israel
Polisi di lokasi penembakan di Tel Aviv, Israel, (AFP)

Polisi mengatakan kedua pelaku berasal dari Yatta, sebuah desa Palestina di dekat kota Hebron di Tepi Barat. Keduanya sudah berhasil diamankan, dan salah satunya sedang menjalani operasi di rumah sakit akibat luka tembak.

Aksi kekerasan antar Palestina dan Israel, seperti penembakan, penusukan dan penabrakkan mobil, meningkat sejak tahun lalu. Dalam beberapa bulan terakhir, insiden semacam itu relatif menurun.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang mengunjungi lokasi kejadian pada Rabu malam, menyebut serangan ini sebagai “pembunuhan sadis dan terorisme.”

Berlari seperti petir

Serangan terjadi sekitar pukul 21:30 waktu Israel, saat orang-orang sedang bersantai di restoran dan bar. Rekaman video memperlihatkan kerumunan orang yang berlari dari lokasi kejadian. Serangkaian foto memperlihatkan meja dan kursi yang berantakan di sebuah restoran.

Seorang wanita mengatakan kepada saluran televisi Channel 10 TV bahwa dirinya sedang merayakan ulang tahun anaknya saat dirinya mendengar suara tembakan. Ia langsung menyadari adanya “serangan teroris.”

Warga ketakutan di lokasi penembakan di Tel Aviv, Israel
Warga ketakutan di lokasi penembakan di Tel Aviv, Israel, (AFP)

“Kami berlari seperti petir bersama bayi dan kereta dorongnya,” kata Meital Sassi. “Saya berteriak kepada orang-orang yang belum sadar adanya serangan untuk segera berlari.”

Staf rumah sakit Ichilov mengatakan empat korban luka yang sempat dirawat akhirnya meninggal dunia. Sementara empat lainnya masih dalam kondisi kritis.

Petugas membawa korban penembakan ke sebuah rumah sakit di Tel Aviv, Israel
Petugas membawa korban penembakan ke sebuah rumah sakit di Tel Aviv, Israel, (AFP/GIDEON MARKOWIC)

Kepala polisi Tel Aviv Chico Edri mengatakan ini adalah “insiden teroris yang cujup serius.” Ia khawatir mengenai keberaaan pelaku ketiga yang masih belum ditemukan.

“Dua teroris tiba di kompleks dan melepaskan tembakan. Sembilan orang terluka pada saat itu,” tutur Edri.

“Dari dua teroris, satu ditangkap dan satu lainnya terluka akibat tembakan. Senjata yang mereka bawa sudah diamankan,” sambung dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time