HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bea Cukai Berantas Tekstil Ilegal Melalui Operasi Gerhana

8

HARIANACEH.co.id — Maraknya penyelundupan tekstil melalui laut bisa digagalkan Bea Cukai melalui Patroli Laut Gabungan bersandi Operasi Gerhana yang berlangsung 7 April hingga 6 Mei 2016 lalu.

“Pada periode 1 Januari hingga awal Juni ini terdapat 216 jumlah penindakan komoditas tekstil dan produk tekstil,” kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar-Lembaga (KIAL), Robert Leonard Marbun, dalam keterangan pers, Kamis (9/6/2016).

Operasi Gerhana melibatkan sejumlah unsur, antara lain Kanwil Bea Cukai di seluruh Sumatera, serta didukung Pangkalan Kapal Tanjung Balai Karimun dan Batam. “Selain tekstil, operasi ini berhasil menangkap penyelundupan bawang, dan jenis barang lain,” kata Robert.

Ia mengatakan penindakan terhadap penyelundup pakaian bekas menunjukan kenaikan signifikan. Pada 2014 penyelundupan pakaian sebesar 2.563 bales. Kemudian meningkat menjadi 5.938 bales di 2015. “Hingga Juni ini, upaya penyelundupan pakaian bekas sudah mencapai 6.814 bales,” ujarnya.

Penindakan terhadap penyelundup ini, kata Robert, sebagai upaya Bea Cukai mendorong dan melindungi industri dalam negeri serta memfasilitasi perdagangan. Upaya ini juga didukung Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO), dan Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia.

Selain ikut serta di Operasi Gerhana, Bea Cukai juga aktif dalam Operasi Batik yang berlangsung 23 Mei hingga dengan 4 Juni di Pelabuhan Pesisir Timur Sumatera (Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tembilahan, Pekanbaru, Jambi), Pelabuhan Utama (Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Belawan, Merak, Palembang, Bandar Lampung), Bandar Udara Utama (Soekarno-Hatta, Juanda, Ngurah Rai, Kualanamu, Halim), dan Dry Port (Cikarang, Bandung).

Penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat juga berhasil diungkap oleh Bea Cukai di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Modusnya, komoditas tekstil tidak dimasukkan ke dalam kawasan berikat, namun dipindahtangankan ke pihak lain dan menyerahkan pemberitahuan pabean dan/atau dokumen pelengkap pabean yang palsu atau dipalsukan,” katanya.

Atas pelanggaran ini, sebelas orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kasusnya telah dilimpahkan ke kejaksaan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time