HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Maria Sharapova Diskors Selama 2 Tahun oleh ITF

4

HARIANACEH.co.id — Petenis Rusia, Maria Sharapova diganjar skors dua tahun dari Federasi Tenis Internasional (ITF). Hukuman tersebut mulai berlaku sejak 26 Januari tahun ini. Dengan demikian, hasil penampilan terakhir Sharapova pada perempat final Australia Terbuka bakal dicoret.

“Pengadilan Independen mengacu pada Pasal 8.1 dari Program Anti Doping Tenis 2016 mendapati bahwa Maria Sharapova melakukan Pelanggaran Peraturan Anti Doping pada Pasal 2.1 Program, dan sebagai konsekuensinya didiskualifikasi dari hasil-hasil yang terpengaruh dan diberlakukan dalam periode dua tahun, terhitung sejak 26 Januari 2016,” kata ITF dalam pernyataannya.

Selain tak dihitung pada laga perempat final Australia Terbuka lalu, Sharapova juga tak tampil di Prancis Terbuka, dan akan absen pada Wimbeldon yang berlangsung pada 27 Juni hingga 10 Juli mendatang.

Sharapova dinyatakan positif doping setelah menggunakan zat-zat terlarang pada Maret lalu. Petenis berusia 25 tahun itu telah menggunakan obat meldonium pada grand slam Australia Terbuka tahun ini. Meldonium masuk dalam daftar zat-zat terlarang Badan Anti Doping Dunia (WADA) pada awal tahun ini, setelah terdapat bukti bahwa benda itu mendongkrak laju darah dan membantu penampilan atletis.

Sharapova sempat berdalih, bahwa ia menggunakan meldonium selama satu dekade terakhir guna mengatasi diabetes dan magnesium rendah. Setelah pengakuannya, produsen jam tangan asal Swiss TAG Heuer menyudahi hubungan kerjanya dengan Sharapova, sedangkan merek-mereka lain seperti Nike dan Porsche menjaga jarak dengannya.

loading...