HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemilihan Kapolri, Ketua DPR: Kita Belum Bisa Kasih Komentar Apapun

5

HARIANACEH.co.id — DPR RI belum menerima rekomendasi nama calon Kapolri pengganti Badrodin Haiti. Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo dan tidak menjagokan siapapun.

“Yang jelas posisi DPR menunggu dari Presiden. Kita belum bisa kasih komentar apapun,” kata Ketua DPR Ade Komarudin di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2016).

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Ruhut Sitompul menuturkan, dalam penentuan calon Kapolri, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) akan merekomendasikan nama ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang dipimpin Menteri Kordinator Politik Hukum Kemanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan. Sementara Luhut saat ini tengah berada di Australia.

“Mungkin setelah Pak Luhut kembali ada beberapa nama yang nanti diberi ke Bapak Joko Widodo, karena itu hak prerogatif presiden,” jelas Ruhut.

Ruhut pun membenarkan bila Komisi III DPR telah bertemu beberapa sosok jenderal bintang tiga. Di antaranya, Komjen Budi Gunawan dan Komjen Budi Waseso. Komisi III DPR, kata Ruhut, akan merekomendasikan satu nama. “Namun itu hak prerogratif Bapak Presiden,” kata Ruhut.

Dia mengakui, Komisi III DPR masih menjagokan sosok Budi Gunawan sejak pemilihan Kapolri tahun lalu. “Kawan-kawan komisi lll tidak bisa dirahasiakan, masih sayang Pak BG. Tapi itu hak prerogatif bapak presiden, dan Pak BG mantap,” ungkapnya.

Kendati menjagokan Budi Gunawan, Komisi III DPR tetap akan menghormati keputusan Presiden Jokowi. “Dan kita bangga pak BG dan calon lainnya, senior bintang tiga. Terserah yang tahu hanya Tuhan dan Bapak Presiden siapa yang jadi Kapolri berikutnya,” tandasnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time