HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengawas Densus Akan Segera Dibentuk Pansus RUU Terorisme

3

HARIANACEH.co.id — Pansus RUU Terorisme berniat membentuk Lembaga Pengawas Densus. Lembaga tersebut akan mengawasi kinerja Densus 88 sebagai gardu terdepan dalam penindakan teroris.

Ketua Pansus RUU Terorisme ‎ Muhammad Syafi’i mengatakan, pembentukan Lembaga Pengawas Densus merupakan salah satu wacana yang berkembang dalam pembahasan RUU Terorisme.

Menurutnya, banyak pihak yang menginginkan agar ada sebuah lembaga yang bersifat independen untuk mengawasi kinerja Densus dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme).

“Itu sangat menguat, hampir semua narasumber. Dan kayaknya kawan-kawan dari Pansus juga berpikiran yang sama,” kata Syafi’i, di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Politikus Gerindra itu mengungkapkan, semangat pembentukan lembaga tersebut tak lepas dari terungkapnya kasus Siyono, terduga teroris yang meregang nyawa saat diamankan Densus 88.

Siyono bukan satu-satunya terduga teroris yang kehilangan nyawa. “Fakta 121 orang tewas tanpa proses hukum, itu bagaimana menjelaskanya?” ucap Syafi’i bertanya.

Bercermin dari kasus tersebut, diperlukan sebuah badan atau lembaga pengawas yang dapat mengawasi setiap saat. Dengan demikian, setiap laporan atau tindakan yang tidak sesuai aturan dapat dilaporkan kepada lembaga tersebut.

“Bagaimana bentuk pengawasannya tentu nanti bisa seperti komisi Kejaksaan,” kata Syafi’i menjelaskan.

Lembaga Pengawas Densus nantinya akan diisi oleh anggota DPR dan perwakilan dari masyarakat. Laporan yang masuk melalui perwakilan masyarakat tersebut akan dibahas bersama-sama.

“Nanti ormas (organisasi masyarakat) itu akan menyampaikan laporan kepada kita di DPR,” ujar dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time