HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pasca Serangan Pasukan Koalisi, Pemimpin ISIS Dikabarkan Tertembak

3

HARIANACEH.co.id — Kabar mengenai pemimpin kelompok Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi yang terluka kembali terdengar. Kali ini Baghdadi dikabarkan terluka akibat tembakan serangan pasukan koalisi.

Pria yang mengklaim dirinya sendiri sebagai khalifah, dikabarkan melakukan perjalanan dalam konvoi bersama tokoh senior ISIS lainnya. Tiba-tiba konvoi itu diterjang jet tempur yang berasal dari pasukan koalisi internasional anti-ISIS.

Menurut stasiun televisi Irak Al Sumariya, pejabat di Provinsi Nineveh, Irak mengonfirmasi bahwa Baghdadi dan pemimpin lainnya di ISIS terluka serangan pasukan koalisi. Serangan itu terjadi pada Kamis 9 Juni, di salah satu basis pertahan ISIS dekat perbatasan Suriah.

“Pesawat dari pasukan koalisi internasional mengebom lokasi yang menjadi basis pertahanan ISIS, di sekitar perbatasan antara Irak dan Suriah,” sebut pejabat Irak yang tidak diketahui namanya itu, kepada Al Sumariya, seperti dikutip Mirror, Jumat (10/6/2016).

“Berdasarkan laporan itu, pemimpin ISIS terluka bersama dengan beberapa anggota senior yang berada di dekatnya. Serangan dilakukan setelah mendapatkan informasi intelijen yang tepat,” lanjutnya.

Pejabat itu menambahkan bahwa wilayah yang diserang adalah salah satu basis pertahanan ISIS. Menurutnya, Baghdadi dan para tokoh senior ISIS lainnya datang ke Irak dari Suriah dengan konvoi mobil.

Juru Bicara Pasukan Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) Kolonel Chris Garver mengaku mengetahui laporan itu. Tetapi Garver belum bersedia untuk memberikan konfirmasi apapun.

Dalam beberapa tahun terakhir muncul beberapa laporan kematian, ataupun Baghdadi yang terluka. Tetapi tidak ada konfirmasi.

Tetapi Baghdadi terluka serius dalam serangan udara pada 19 Maret 2015. Serangan itu sendiri menewaskan tiga orang lain bepergian bersamanya.

Dikabarkan, Baghdadi menjalani perawatan usai serangan tersebut. Dia diketahui menderita luka pada tulang belakang.

loading...