HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penambahan Pasukan AS di Afghanistan Disetujui Obama

3

HARIANACEH.co.idPresiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama telah menyetujui penambahan pasukan AS di Afghanistan.

“Penambahan pasukan ini dimaksudkan untuk membantu pasukan Afghanistan dalam memerangi kelompok militan Taliban,” kata seorang pejabat senior Gedung Putih, seperti dikutip Reuters, Jumat (10/6/2016).

Penambahan pasukan ini, kata dia, juga akan memungkinkan penggunaan yang lebih besar dari kekuatan serangan udara dari AS.

Di bawah kepemimpinan baru AS di Afghanistan yang sekarang dijabat oleh Jendereal John Nicholson, dirinya akan dapat memutuskan kapan saat yang tepat untuk pasukan AS ‘turun ke lapangan’ bersama pasukan Afghanistan.

Itu berarti, pasukan AS tidak seterusnya bersama dengan pasukan Afghanistan setiap harinya. Hal ini dibuat untuk membatasi penyerangan dari pasukan AS.

Serangan udara AS di Afghanistan
Serangan udara AS di Afghanistan, (AFP)

Sebelumnya, militer AS diizinkan untuk mengambil tindakan melawan Taliban kapan pun. Kebijakan baru ini dinilai lebih aman untuk melakukan penyerangan terhadap kelompok ekstremis tersebut.

“Pasukan AS akan lebih proaktif mendukung pasukan konvensional Afghanistan, tentunya dengan kebijakan baru,” lanjutnya.

Selain menyerang Taliban, menurut laporan, pasukan AS telah melakukan 70 sampai 80 serangan udara terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) dalam tiga bulan terakhir.

Berkat serangan udara AS, kekuatan ISIS di Afghanistan pun melemah. Saat ini, pasukan AS dan Afghanistan memfokuskan serangan kepada kelompok Taliban.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time