HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS: Kota yang Diberi Bantuan Kemanusiaan Dibom Pasukan Assad

5

HARIANACEH.co.id — Amerika Serikat (AS) menuduh pasukan Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad mengebom kota, yang baru saja diberikan bantuan kemanusiaan.

Pada Kamis 9 Juni lalu, Kota Daraya pertama kali mendapatkan bantuan makanan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat ini kota tersebut dikuasai oleh pasukan pemberontak yang melawan kekuasaan Assad.

Setelah mendapatkan bantuan pertama sejak 2012, tiba-tiba saksi yang berada di lokasi menyebutkan bahwa pasukan Assad membombardir kota tersebut. Pasukan itu menjatuhkan bom barel dari helikopter di saat warga tengah berbagi makanan.

“Pasukan Suriah melepaskan bom barel ke Daraya,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Mark Toner, seperti dikutip AFP, Sabtu (11/6/2016).

“Hal itu terjadi beberapa jam setelah konvoi bantuan PBB tiba,” lanjut Toner.

“Jelas sekali serangan semacam ini tidak dapat diterima dalam keadaan apapun. Serangan itu telah mempersulit pengiriman dan distribusi bantuan yang sangat dibutuhkan warga,” pungkasnya.

Toner menambahkan, faktanya Assad sudah mengizinkan konvoi untuk masuk ke kota itu. Hal tersebut merupakan hal positif, tetapi pengiriman yang dilakukan hanya sebagian dan kami mendesak agar pengiriman bantuan secara keseluruhan.

Selain itu, hanya PBB yang bisa memutuskan kapan dan di mana bantuan itu didistribusikan di Suriah. Nasib dari warga yang kelaparan tidak seharusnya ditentukan oleh pihak pemerintah.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat