HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bersekutu dengan Taliban Disepakati Pemimpin Al Qaeda

6

HARIANACEH.co.id — Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri sepakat untuk bersatu dengan pemimpin baru kelompok Taliban.

Pemimpin baru Taliban Haibatullah Akhundzada terpilih sebagai orang nomor satu di Taliban, setelah Mullah Akhtar meninggal. Akhtar meninggal setelah serangan pesawat pengebom tak berawak Amerika Serikat (AS) Mei lalu.

Sementara Zawahiri naik ke tampuk kepemimpinan Al Qaeda setelah Osama bin Laden tewas dalam operasi yang dilakukan oleh Navy Seals di Pakistan pada 2011. Saat ini, Zawahiri diperkirakan dalam persembunyian di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

“Sebagai pemimpin Al Qaeda, saya menyampaikan sumpah sepakat sekali lagi. Pendekatan Osama untuk seluruh Muslim mendukung negara Islam,” ujar Zawahiri, dalam rekaman suara, seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/6/2016).

Selama berkuasa pada 1996 hingga 2001, Taliban mendirikan Emirat Afghanistan. Sejak dilengserkan lewat invasi yang dilakukan AS, Taliban terus melakukan perlawanan untuk mendapatkan kembali kekuasaannya.

Sementara Haibatullah Akhundzada, ditunjuk sebagai pemimpin Taliban beberapa hari setelah Mullah Akhtar Mansour tewas akibat serangan udara AS di wilayah Pakistan.

Al Qaeda sendiri dianggap makin kehilangan kekuasaannya dari kelompok Islamic State (ISIS). Sementara banyak dari pengikut Taliban yang bergabung dengan ISIS, meskipun kelompok militan ini beroperasi di Irak dan Suriah.

loading...