HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kesejahteraan Anggota Harus Diperhatikan Kapolri

8

HARIANACEH.co.id — Kapolri mendatang perlu memperkuat internal agar kinerja polisi lebih baik. Salah satu yang mesti diperhatikan adalah soal kesejahteraan.

Ketua Perhimpunan Magister Hukum Indonesia (PMHI) Fadli Nasution mengatakan banyak polisi menyimpang dari fungsi melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Kesejahteraan selalu jadi alasan.

“Soal kesejahteraan polisi jadi problem dari masa ke masa. Karena itu, selain profesional, kapolri juga harus mementingkan kesejahteraan internal,” kata Fadli di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/6/2016).

Praktisi hukum Andi Syafrani menjelaskan saat ini jumlah polisi tidak berimbang dengan jumlah masyarakat. Jumlah polisi saat ini sebanyak 430 ribu.

Karena tidak berimbang, Andi tidak yakin polisi bisa maksimal dalam menjalankan tugas dan bertanggung jawab sebagai pelayan masyarakat. Menurut Andi, meningkat kesejahteraan salah satu cara menjaga polisi tetap bertanggung jawab.

“Kesejahteraan harus benar-benar diperhatikan agar mereka mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal,” ujar Andi.

Dia mengatakan, bila ada peningkatan kesejahteraan, polisi juga dituntut memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat. Jika kesejahteraan tak mencukupi, akan banyak polisi mencari penghasilan dari kegiatan melawan hukum.

“Maka itu penting untuk perbaikan. Dan perbaikan itu terjadi di bawah kepemimpinan yang tegas dan jelas mementingkan internal Kepolisian dan eksternal,” tegas Andi.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat