HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sering Digigit Nyamuk? ini Penyebabnya

4

HARIANACEH.co.id — Meskipun ada banyak orang, terkadang nyamuk hanya menyasar satu orang saja untuk digigit. Mengapa demikian? Ada beberapa alasannya.

Nyamuk betina mengigit karena hewan tersebut mencari isoleusin yang penting guna memproduksi asam amino untuk mengembangkan telur.

Namun, terkadang nyamuk hanya menggigit orang-orang tertentu. Berikut adalah kriteria yang biasanya menjadi sasaran empuk hewan penyebab banyak penyakit tersebut.

1. Ada beberapa jenis gen (DNA) yang disukai oleh nyamuk.

2. Bahan kimia yang menempel pada kulit juga menarik perhatian nyamuk, namun ini bukanlah magnet utama.

3. Steroid dan kolesterol pada permukaan kulit membuat seseorang rentan digigit nyamuk. Namun, bukan berati nyamuk hanya mengincar mereka yang kegemukan atau memiliki banyak lemak. Jika banyak lemak terdapat pada permukaan kulit, nyamuk pun akan mendatanginya.

4. Tingginya tingkat asam urat dan karbondioksida pada seseorang juga menarik perhatian nyamuk. Oleh karena itu, wanita hamil dan mereka yang menghasilkan karbondioksida berlebih sering digigit nyamuk.

5. Banyak bergerak membuat tubuh menjadi panas dan menarik perhatian nyamuk.

6. Minuman bir ternyata juga menarik perhatian nyamuk.

7. Bakteri tertentu pada kulit juga membuat seseorang lebih sering digigit nyamuk.

Hal-hal di atas masih menjadi hipotesis dalam sebuah penelitian. Namun, sebaiknya Anda menggunakan pakaian serbatertutup untuk menghindari emisi karbondioksidan dan lebih baik melakukan kegiatan dalam rumah jika matahari sudah terbenam.

loading...