HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Soal Calon Kapolri, Kompolnas Hanya Memberi Saran dan Pertimbangan

6

HARIANACEH.co.id — Komisi Kepolisian Nasional masih enggan memberitahu kepada publik terkait nama-nama calon kapolri yang diusulkan Dewan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Tingkat Tinggi kepada Presiden Joko Widodo.

Komisioner Kopolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto mengatakan, sesuai aturan, kompolnas hanya memberi saran dan pertimbangan kepada presiden terhadap nama-nama calon kapolri yang diusulkan Wanjakti.

“Kompolnas sesuai aturan itu tidak mengusulkan nama, tetapi kompolnas akan memberikan pertimbangan kaitan dengan nama-nama yang akan diusulkan oleh Wanjakti,” kata Bekto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/6/2016).

Bekto menjelaskan, saat ini Wanjakti telah melakukan penjaringan kepada Perwira Tinggi Kepolisian yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier. Beberapa nama tersebut berpangkat bintang dua dan bintang tiga.

“Harus dilakukan (penjaringan perwira tinggi). Sejak kami dilantik tanggal 13 (Mei 2016) kemudian kami langsung bekerja tanggal 17 (Mei 2016), agar supaya polisinya menjadi lebih baik melalui pertimbangan nama kapolri,” jelas Bekto.

Namun satu yang pasti, Bekto berpesan kepada semua pihak agar penjaringan nama Kapolri tidak usah ribut dan membawa kegaduhan politik. Kata dia, apa pun pilihan presiden harus dihormati.

“Memang (pemilihan kapolri) yang lalu itu ada ribut. Sekarang jangan sampai ribut. Kami akan berbuat yang terbaik supaya polisinya menjadi lebih baik. Kami bekerja empat tahun (2016-2020), nanti lihat hasilnya di dalam perjalanan (kompolnas),” tandas Bekto.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat