HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Antisipasi Rusia, 4.000 Tentara Dikirim NATO ke Baltik

3

HARIANACEH.co.id — Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO mengirim empat batalion multinasional termasuk pasukan dari Inggris ke Polandia dan sejumlah negara Baltik untuk memperkuat pertahanan terhadap kemungkinan agresi Rusia.

Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia telah meminta kehadiran NATO sejak Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada 2014.

Menteri pertahanan negara-negara Baltik akan secara resmi menerima pengirima pasukan NATO dalam sebuah pertemuan di Brussel pada Selasa (14/6/2016).

Satu dari empat batalion terdiri dari sejumlah pasukan Inggris yang sudah berjanji untuk berkontribusi terhadap keamanan di Baltik.

Inggris berkomitmen mengirim 1.000 tentara untuk bergabung dengan NATO pada September 2014, dalam upaya mengantisipasi agresi Rusia terhadap Ukraina dan Eropa Timur.

“Pengiriman ini akan mengirimkan sinyal yang jelas bahwa NATO siap mempertahankan sekutu mana pun,” tegas Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, seperti dilansir express.co.uk.

“Kami sedang memastikan kehadiran kami di Baltik efektif,” sambung dia.

Jens Stoltenberg.
Jens Stoltenberg., (AFP)

Stoltenberg mengatakan masing-masing batalion akan dipimpin tokoh militer dan dikirim dengan sistem rotasi.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk NATO Douglas Lute mengatakan detail jumlah pasukan NATO yang dikirim ke Baltik, serta siapa saja yang akan menjadi pemimpinnya, akan diumumkan dalam KTT NATO pada Juli mendatang.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time