HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sepekan sebelum Lebaran, THR PNS Dipastikan Cair

5

HARIANACEH.co.id — Pemerintah memastikan tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) cair seminggu sebelum Lebaran. Pernyataan itu dilontarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, saat berkunjung ke Banten, Selasa 14 Juni 2016.

“Saya sudah menerima surat dari Mensesneg. Presiden sudah menyetujui usulan saya untuk mengeluarkan THR bagi aparatur negara sepekan sebelum Lebaran. Perpresnya tadi pagi sudah kami ajukan,” katanya, Selasa (14/6/2016).

Besaran THR, kata Yuddy, setara gaji pokok. “Untuk keperluan hari raya,” ujarnya.

Untuk gaji ke-13, Yuddy mengatakan, akan cair sepakan selepas Lebaran. Dia berharap gaji ke-13 ini dipergunakan untuk keperluan sekolah anak-anak PNS.

“Kalau diberikan sekaligus sebelum Lebaran, saya khawatir habis,” ujarnya.

Untuk pertama kalinya PNS mendapatkan dua tunjangan tahun ini, yakni gaji ke-13 dan THR yang disebut gaji ke-14. Aturan ini memungkinkan setelah Kemenpan RB membuat Peraturan Pemerintah dan disetujui presiden.

Di dalam aturan itu dijelaskan besaran THR atau gaji ke-14 lebih kecil karena setara satu kali gaji pokok. Sedangkan gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan.

loading...