HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anggaran Tak Sebanding dengan Tugas Berat Kementerian LHK

8

HARIANACEH.co.id — Komisi IV telah menyetujui penghematan/pemotongan anggaran yang diajukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Komisi IV menyetujui usulan relokasi antara program Kementerian LHK tahun 2016 menjadi Rp5.845.653.126.000. Penghematan anggaran dilakukan melalui pengurangan anggaran yang tidak bersifat prioritas.

Namun, Komisi IV mengaku kecewa dengan pemotongan tersebut. Sebab, tugas Kementerian LHK dalam menjaga hutan Indonesia tak sebanding dengan anggaran yang diberikan.

“Walaupun terus terang kita kecewa dengan pemerintah melalui Menteri Keuangan. Walau kita tahu kondisi anggaran terbatas, kondisi hutan kita saat ini sudah sangat darurat,” kata Ketua Komisi IV Edhy Prabowo, di Gedung Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Politikus Gerindra itu melanjutkan, ditambah saat ini musim di Indonesia ‎memasuki musim kemarau. Pada musim kemarau, potensi kebakaran hutan semakin tinggi.

Anggaran yang ada dirasa tidak cukup untuk mengawasi atau menanggulangi berbagai bencana yang dapat mengancam hutan sebagai sumber kehidupan manusia. Keberadaan hutan dianggap sebagai sumber utama penghasil oksigen dan penjamin ketersediaan air bagi seluruh makhluk di bumi.

Oleh karena itu, Edhy meminta agar pemerintah melakukan sebuah kebijakan berani untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia.

“Anggarannya masih sedikit. Kita harapkan pemerintah juga harus berani mengurus hutan, karena keberadaan hutan ini sumber kehidupan kita, penghasil oksigen kita, menjamin air untuk petani kita,” ucap Edhy.

Edhy mengapresiasi ‎komitmen Kementerian LHK yang berupaya maksimal menjaga kelestarian hutan Indonesia. Meski anggaran dikurangi, Kementerian LHK tetap menunjukkan semangat melakukan perbaikan terhadap hutan Indonesia.

“Ibu Menteri Siti Nurbaya, kita minta jangan putus asa. Ibu Menteri ini begitu arif dan sepakat tanpa mengurangi kualitas kerjanya. Beliau tetap semangat memperjuangkan perbaikan,” kata Edhy memuji.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time