HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

APBN Perubahan 2016 Kementerian LHK Disetujui Komisi IV

5

HARIANACEH.co.id — Komisi IV menyetujui pengajuan APBN Perubahan (APBN-P) 2016 yang disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Hasil ‎tersebut kemudian akan disampaikan kepada Badan Anggaran (Banggar) untuk ditindaklanjuti sebagai bagian dalam pembahasan RUU tentang perubahan APBN TA 2016.

‎”Kalau Komisi IV tentang Anggaran Kementerian LHK, secara prinsip sudah setuju. Artinya, proses selanjutnya berada di Banggar,” kata Ketua Komisi IV Edhy Prabowo, di ruang rapat Komisi IV Gedung Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Politikus Gerindra itu mengungkapkan, Komisi IV menyetujui usulan relokasi antara program Kementerian LHK tahun 2016 menjadi Rp5.845.653.126.000. Penghematan anggaran dilakukan melalui pengurangan anggaran yang tidak bersifat prioritas.

“Diambil dari anggaran yang tidak produktif, yang masih bisa ditunda, kemudian biaya yang tidak urgent,” ungkap dia.

Edhy meyakini, penghematan/pemotongan anggaran yang diajukan tidak akan memengaruhi program prioritas Kementerian LHK.‎ Jika pun ada, pengajuan penghematan anggaran yang dilakukan sudah melalui perhitungan yang sangat matang.

“Tidak. Kalaupun prioritas, pastikan yang benar-benar prioritas,” ucap Edhy menegaskan.

Salah satu contoh, Kementerian LHK setuju untuk menunda‎ rencana pembelian helikopter pada 2016 sebesar Rp650 miliar. Anggaran tersebut akan dialihkan untuk kegiatan pencegahan, penanggulangan, serta pemulihan areal bekas kebakaran hutan dan lahan.

“Nah, anggaran untuk pembelian helikopter itu diarahkan ke penanggulangan manual. Kan ada tim satgas dan sebagainya, kita perkuat di sana,” kata Edhy.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time