HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Selama Ramadhan Islamic Centre Lhokseumawe bagikan kanji rumbi

14

HARIANACEH.co.id, Lhokseumawe — Puluhan orang berjejer menunggu kanji rumbi di halaman mesjid agung islamic center Lhokseumawe, selasa (14/6). Meski langit tampak mendung namun tak menyurutkan semangat masyarakat untuk mendapatkan kanji rumbi yang di bagikan secara gratis itu.

Bagi masyarakat Aceh, penganan ini menjadi tradisi turun temurun. Nyaris di semua masjid dan meunasah menyiapkan penganan tersebut untuk masyarakat secara gratis. Koordinator panitia Ramadhan Mesjid Agung Islamic Center Kota Lhokseumawe, Muslem, mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2011, dan setiap hari selama bulan suci Ramadhan pihaknya memasak kanji rumbi sekitar tiga Kuali besar untuk 1000 porsi.

Muslim menyebutkan, dalam sehari biasanya 800-1.000 porsi dibagikan secara gratis kepada masyarakat ysng berada di kota lhokseumawe. “Untuk memasak kanji rumbi di butuhkan waktu sekitar dua jam. Setelah itu langsung bisa dibagikan,” katanya.


Warga rela mengantri untuk mendapatkan jatah pembagian kanji rumbi tersebut, dikarenakan penganan dimaksud jarang didapatkan selain di bulan Ramadhan, Sejak usai shalat Ashar, para panitia mulai memasak kanji rumbi di depan halaman mesjid tersebut. Tenda berukuran 5 x 10 meter di siapkan sebagai tempat memasak kanji rumbi.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati penganan tersebut, bisa datang mulai pukul 17.30 WIB sampai waktu berbuka tiba. Boleh juga membawa mangkuk dari rumah. “Jika tidak ada mangkuk, kami menyiapkan bungkus dalam plastik,” sebut Muslim.

Selain dibagikan pada masyarakat umum, bubur itu juga dibagikan untuk masyarakat yang memilih berbuka puasa di masjid tersebut. Nah, jika anda berada di Aceh selama Ramadhan, jangan lupa nikmati kanji rumbi khas Aceh ini.anda Pasti ketagihan.(HAI/Suryadi)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat