HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

DPR Segera Menindaklanjuti Surat Presiden Terkait Calon Kapolri

5

HARIANACEH.co.id — DPR segera menindaklanjuti surat Presiden Joko Widodo terkait pengajuan nama Komjen Tito Karnavian‎ sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti.

Surat tersebut akan dibahas dalam rapat pimpinan (rapim).
‎
“Jadi, rencananya sesuai dengan koordinasi dengan Pimpinan DPR nanti jam 11.00 WIB, kita akan mengadakan rapat pimpinan, yang antara lain membahas surat dari Presiden tentang pengajuan calon tunggal Kapolri Pak Tito Karnavian,” kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, ditemui di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Politikus PAN itu mengungkapkan, secara maraton hasil rapim nantinya akan disampaikan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang akan digelar pada pukul 13.00 WIB. Untuk selanjutnya akan disampaikan dalam rapat Paripurna pada pukul 14.00 WIB.

“Dari Bamus, kemudian ke Paripurna. Paripurna sekira pukul 14.00 WIB, pukul 11.00 rapim, pukul 13.00 Bamus, dan pukul 14.00 langsung rapat Paripurna,” jelas Taufik.

Setelah itu, surat pengajuan Tito sebagai calon tunggal Kapolri akan diteruskan kepada Komisi III untuk dilakukan fit and proper test. Rencananya, uji kelayakan akan digelar pada pekan depan.

“Segera menindaklanjuti dengan memproses di Komisi III, Selasa atau Rabu, untuk fit and proper test,” ujar dia.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan satu nama pengganti Kapolri Jendral Badrodin Haiti. Diungkapkan Ketua DPR Ade Komarudin, pilihan nama Kapolri yang baru itu tercantum dalam surat yang dikirimkan Mensesneg kepada DPR, Rabu (15/6/2016).

“Kementerian Sekretaris Negara menyampaikan surat kepada dewan. Surat tersebut berisi, Presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian, sebagai satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti,” ucap Ade Komarudin, saat dijumpai di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Menanggapi surat tersebut, DPR akan segera memproses. “InsyaAllah besok kita akan rapat pimpinan, dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito,” jelas Ade.

loading...