HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Saipul Jamil Dibidik KPK

11

HARIANACEH.co.id — Setelah divonis dalam kasus pencabulan anak di bawah umur, masalah lain menunggu penyanyi dangdut Saipul Jamil. Ia diduga terkait penyuapan Rohadi, panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

KPK mengungkap penyuapan terhadap Rohadi dalam operasi tangkap tangan, Rabu 15 Juni. KPK menangkap manager yang juga kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah; Rohadi; dua pengacara Saipul, Bertha Natalia Ruruk Kariman dan Kasman Sangaji.

Rohadi dijerat Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Uang suap diduga dari Saipul Jamil untuk panitera
Uang suap diduga dari Saipul Jamil untuk panitera, (MI/Rommy Pujianto)

Sedangkan Bertha, Kasman, dan Syamsul jadi tersangka pemberi suap dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Hasil penyidikan menemukan fakta sumber uang suap dari Saipul Jamil. Suap ini diduga untuk mempengaruhi putusan kasus pencabulan anak di bawah umur atas terdakwa Saipul Jamil.

Bang Ipul, sapaan Saipul Jamil, sangat mungkin jadi tersangka. Penyidik KPK akan terlebih dulu memeriksa lulusan Fakultas Hukum Universitas Bung Karno itu.

“Penetapan tersangkanya nanti penyidik melakukan pemeriksaan dulu kepada yang bersangkutan,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2016).

Basaria mengatakan, kasus ini dalam pengembangan. Ia belum bisa bicara siapa saja yang terlibat kasus ini selain empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Saat penangkapan, tim KPK menyita Rp250 juta diduga dari Saipul. Itu baru setengah dari jumlah suap yang dijanjikan. Basaria menyebut uang suap merupakan hasil Saipul menjual rumah.

Pada Selasa 14 Juni, Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis Saipul tiga tahun penjara. Vonis itu jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni tujuh tahun penjara dan denda Rp100 juta.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time