HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Epilepsi Meningkatkan Risiko Seseorang Terkena Autisme?

6

HARIANACEH.co.id — Sebuah studi di Swedia menemukan, bahwa memiliki kerabat inti yang terkena epilepsi meningkatkan risiko seseorang terkena autisme.

Yang dimaksud kerabat inti adalah ayah, ibu, atau saudara kandung.

Studi yang dipublikasikan pada pertengahan Juni 2015 dalam Jurnal Neurology tersebut melihat data dari 85.201 orang yang memiliki epilepsi, saudara dan keturunan mereka. Para peneliti membandingkan penderita epilepsi pada lima orang yang berusia dan berjenis kelamin sama yang tidak terkena epilepsi.

Saudara dan keturunan setiap orang dengan epilepsi juga dibandingkan dengan saudara dan keturunan mereka yang tidak terkena epilepsi.

Epilepsi adalah gangguan neurologis keempat yang paling umum dan mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Menurut Yayasan Epilepsi, gangguan tersebut ditandai dengan kejang tak terduga dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Kondisi ini memiliki berbagai macam jenis kejang yang bervariasi bagi setiap penderitanya.

“Studi-studi lain telah menghubungkan dua kondisi. Berdasarkan penelitian kami, terlihat khusus pada saudara-saudara dan anak-anak orang dengan epilepsi untuk menentukan kemungkinan risiko autisme dalam keluarga ini,” kata penulis studi Helene E.K. Sundelin, dari University Hospital di Linkoping, Swedia, dalam sebuah rilis berita.

Peneliti menindaklanjuti penelitian setelah enam tahun, dan menemukan 1.381 orang dengan epilepsi dan 700 dari mereka yang tidak epilepsi didiagnosis dengan autisme. Mereka juga menemukan 63 persen adanya peningkatan risiko autisme untuk saudara dan keturunan para penderita. Keturunan dari ibu dengan epilepsi memiliki peningkatan risiko sebesar 91 persen, sedangkan keturunan dari ayah dengan epilepsi memiliki 38 persen peningkatan risiko.

“Tujuannya adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dua penyakit ini dapat dihubungkan sehingga mengembangkan perawatan yang menargetkan kedua kondisi tersebut,” kata Sundelin dalam rilisnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time