HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penderita Diabetes, Inilah Roti yang Aman Dikonsumsi

5

HARIANACEH.coid — Roti masuk dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari diabetesi (penderita diabetes). Sama seperti nasi, roti bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Namun, tidak semua roti harus dihindari. Ada jenis roti yang masih aman dikonsumsi diabetesi. Roti gandum, misalnya. Berikut, ulasan selengkapnya seperti disitat Medical Daily.

1. Terbuat dari gandum berserat tinggi

Tingginya kadar serat pada roti gandum menentukan seberapa mudah roti dicerna tubuh. Semakin tinggi kadar seratnya, maka makin sulit dicerna sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama.

Selain menghambat laju pencernaan, serat larut pada gandum dapat mengurangi kenaikan gula darah usai makan. Namun, roti gandum yang diperkaya serat umumnya masih tinggi karbohidrat, sehingga mengonsumsinya pun tidak boleh berlebihan.

2. Terbuat dari biji-bijian

Sebagian besar komposisi roti gandum yang ada di pasaran masih dibuat dengan tepung putih. Karena itu, pastikan Anda teliti membaca informasi nilai gizi sebelum membeli. Pilih roti yang murni terbuat dari biji-bijian gandum utuh, seperti quinoa atau beras merah. Selain memiliki indeks glikemik rendah (dibandingkan tepung putih), biji gandum utuh memiliki sejumlah nutrisi, diantaranya zinc, vitamin E, dan protein.

3. Tortilla

Jika sulit menemukan roti dari gandum utuh, tortilla bisa menjadi pilihan. Tortilla adalah roti pipih yang dibuat tanpa ragi, dan menggunakan jagung giling.

Semakin banyaknya jumlah diabetesi, varian tortilla pun semakin beragam. Kini, ada juga tortilla yang dibuat dari protein gandum atau kedelai.

Seputar diabetes

Diabetes dibagi menjadi tipe 1 dan 2. Pada diabetes tipe 1, pasien kesulitan memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh. Pada akhirnya, tubuh menjadi resistan terhadap insulin, dan menyebabkan kadar gula meningkat drastis akibat penumpukan.

Karena tak bisa memproduksi insulin, maka penderita iabetes tipe 1 harus menerima suntikan insulin setiap hari.

Selain suntikan insulin, penderita diabetes tipe 1 juga harus menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Misalnya dengan pola makan yang sehat, teratur berolahraga, dan tes darah secara rutin.

Sementara, diabetes tipe 2 adalah yang paling umum. Diabetes tipe ini terjadi akibat faktor genetik, dan gaya hidup yang buruk. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 422 juta orang di dunia menderita diabetes tipe 2.

loading...