HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Lima Organisasi di Dunia yang Masih Gunakan Teknologi Tua

20

HARIANACEH.co.id — Meski telah memasuki tahun 2016, beberapa organisasi di dunia ternyata masih menggunakan teknologi lama. Kebanyakan di antara organisasi tersebut bahkan masih menggunakan sistem komputer yang telah berumur lebih dari 30 tahun.

Apa saja organisasi yang dimaksud? Berikut adalah daftarnya menurut PC Mag:

1. Departemen Pertahanan AS
Meski seringkali diperlihatkan menggunakan peralatan super canggih di film-film, departemen pertahanan AS ternyata merupakan salah satu organisasi yang masih menggunakan teknologi tua. Teknologi tersebut digunakan di beberapa instalasi, salah satunya adalah instalasi senjata nuklir yang dikatakan masih menggunakan disket atau floppy disk 8 inci yang diperkenalkan secara komersil pada tahun 1971.

2. Kantor Manajemen Personel AS
Salah satu data yang paling vital untuk dilindungi adalah data mengenai kependudukan suatu negara dan di AS kantor manajemen personel atau Office of Personnel Management merupakan yang bertanggung jawab dalam hal tersebut.

Sayangnya, organisasi ini sempat kecolongan dan datanya berhasil dicuri hacker dari Tiongkok. Salah satu penyebab mudahnya hacker masuk ke dalam sistemnya adalah karena komputer yang digunakan tidak mampu menggunakan sistem enkripsi sehingga data tidak terlindungi.

Ilustrasi Bandara Orly
Ilustrasi

3. Bandara Orly, Prancis
Apa sistem operasi PC yang Anda miliki saat ini? Windows 7? Windows 8? atau mungkin Anda telah melakukan upgrade ke Windows 10? Apapun sistem operasi yang digunakan, PC Anda dipastikan lebih canggih daripada komputer yang ada di bandara Orly, Prancis. Bandara tersebut hingga saat ini masih menggunakan Windows 3.1 yang dirilis tahun 1992.

4. Kereta Bawah Tanah New York, AS
New York mungkin merupakan saah satu kota modern yang memiliki sistem transportasi kereta bawah tanah atau subway yang tidak tepat waktu. Hal tersebut dikarenakan sistem yang digunakan masih menggunakan sistem tahun 1930an. Subway di New York memang telah ada sejak lama. Namun sistemnya belum diperbarui hingga saat ini.

Ilustrasi Nasa
Ilustrasi

5. NASA
Sejarah memang mencatat bahwa program luar angkasa merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam hal kemajuan teknologi. Ironisnya, penyelenggara program luar angkasa seperti NASA ternyata masih bergantung kepada teknologi tua.

Ingin bukti? Wahana antariksa terbaru NASA, yaitu Orion, hanya memiliki komputer dengan kemampuan pemrosesan tak lebih dari sebuah iPhone. Alasan NASA masih menggunakan teknologi lama adalah karena teknologi tersebut terbukti sangat bisa diandalkan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat