HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Planet dan Sistem Tata Surya Raksasa Baru Ditemukan Seorang Ilmuwan

27

HARIANACEH.co.id — Ilmuwan baru-baru ini menemukan sebuah planet baru yang diberi nama 2MASS J2126-8140.

Planet tersebut merupakan planet terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia hingga saat ini, dengan ukuran 12 hingga 15 kali lebih besar dari Jupiter. Planet tersebut ditemukan sedang mengorbit sebuah bintang, dan ternyata merupakan bagian dari sebuah sistem tata surya terbesar yang pernah ditemukan hingga saat ini.

Adalah astronomer Simon Murphy dan rekannya dari Australian National University, yang pertama kali mengungkap bahwa planet raksasa tersebut merupakan bagian dari sebuah sistem tata surya terbesar.

Menurut Popular Science, Murphy menyadari hal tersebut setelah menghitung jarak keduanya yang ternyata sangat mirip, yaitu sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi. Murphy juga menemukan bila keduanya bergerak besama dalam satu sistem orbit.

Planet raksasa tersebut diperkirakan berada di bagian paling ujung sistem tata surya terbesar dan memiliki orbit 140 kali lebih lebar dari Pluto. Murphy dan timnya memperkirakan bila satu tahun di planet tersebut sama dengan satu juta tahun di Bumi. Jika diukur jaraknya dengan Bumi, planet tersebut berjarak 1 triliun kilometer.

Uniknya, meski berukuran sangat besar, sistem tata surya tempat planet tersebut berada tergolong masih muda. Hal tersebut didapat dari temuan awan gas dan pertikel lainnya yang masih sangat padat menyelimuti sistem tata surya tersebut.

Ilmuwan memperkirakan, sistem tata surya terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia ini baru berumur sekitar 10 hingga 45 juta tahun, jauh lebih muda dari sistem tata surya kita yang telah berumur 4,5 miliar tahun.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat