HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anggaran 2016, Komisi V Berharap Tak Ada Lagi Pemotongan

9

HARIANACEH.co.id — Komisi V meminta pemotongan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian/Lembaga saat ini merupakan yang terakhir. Sebab, beredar isu akan ada pemotongan anggaran kedua yang akan dilakukan oleh pemerintah pada anggaran tahun 2016.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V Michael Watimena setelah memimpin rapat dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) di Gedung Kura-Kura Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

“Kami tegaskan tadi, ini menjadi pemotongan terakhir dalam anggaran 2016. Kita dengar ada isu bahwa akan terjadi pemotongan lagi bahwa ada sumber pendapatan itu tidak tecapai,” kata Michael.

Politikus Demokrat itu mengungkapkan, penghematan/pemotongan yang terjadi saat ini tengah dibahas sudah menghambat program prioritas pembangunan nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kalau sampai itu terjadi (lagi) maka itu akan berdampak pada pembangunan ekonomi secara menyeluruh,” ungkap dia.

Baca Juga

Michael mengatakan, pihaknya sebenarnya tidak ingin ada ‎penghematan/pemotongan anggaran terhadap mitra kerja. Sebab, anggaran dianggap sebagai ruh program dari setiap kementerian/lembaga, terutama Komisi V.

“Tapi kita pahami juga bahwa salah satu bentuk stimlus pembangunan itu sendiri adalah APBN. Kalau terjadi pemotongan otomatis juga berdampak pada pertumbuhan,” ucap dia.

Selain itu, Komisi V dapat menerima secara penuh pengajuan pemotongan anggaran yang diusulkan oleh pihak Kemen PUPR dalam APBN Perubahan 2016 sebesar Rp7.007.630.211. Total anggaran Kemen PUPR setelah dilakukan pemotongan menjadi Rp97.073.068.654.

Selanjutnya, anggaran Kemen PUPR tersebut akan disampaikan oleh Komisi V ke Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk selanjutnya akan dibahas dengan pihak pemerintah melalu Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Ya dibawa ke Banggar untuk diputuskan,” ujar dia.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat