HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Apa Kabar Muslim Rohingya, Bagaimana Statusnya?

31

HARIANACEH.co.id — Permasalahan status pengungsi Rohingya asal Myanmar saat ini masih menjadi tanda tanya.

Status mereka di Indonesia hanya satu tahun dan mereka sedang menunggu keputusan apakah keberadaan mereka diperpanjang atau tidak.

“Sedang dalam proses oleh IOM (Organisasi Migrasi Internasional) dan jumlahnya sekarang juga sudah berkurang di Aceh,” ujar Arrmanatha Nasir ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2016).

“IOM dan UNHCR sedang berusaha untuk mencari tempat untuk mereka. Saat ini pengungsi Rohingya sudah ada yang menemukan negara ketiga, ada juga yang sudah kembali ke asalnya,” lanjutnya.

Arrmanatha juga mengungkapkan bahwa saat ini jumlah pengungsi Rohingya di Aceh sudah kurang dari 300. “Saya harus cek lagi berapa persisnya, tapi sudah kurang dari 300,” imbuhnya.

Pengungsi Rohingya yang ditampung di Aceh
Pengungsi Rohingya yang ditampung di Aceh, (AFP)

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa kerja sama antara Indonesia, Thailand dan Malaysia sudah selesai dilaksanakan.

“Sudah kalau itu kan untuk mengatasi yang tahun lalu. Tiga negara ini kan mengatasi bersama permasalahan pengungsi. Begitu juga Thailand dan Malaysia yang menyampaikan strategi mereka juga,” beber Arrmanatha.

Selain itu, Indonesia juga terus mengkomunikasikan dengan Pemerintah Myanmar terkait pengungsi Rohingya yang masih berada di Aceh hingga saat ini.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat