HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Dua Jenderal Berpeluang jadi Wakapolri

25

HARIANACEH.co.id — Setelah Tito Karnavian resmi menjadi Kapolri, kemungkinan ada mutasi besar-besaran di Polri. Wakapolri Komjen Budi Gunawan pun berpeluang digeser atau diganti.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mendengar ada dua nama yang mungkin menjadi wakil kepala Polri, yakni Komjen Syafruddin dan Irjen Lutfi Lubihanto. “Dua nama mencuat menggantikan Budi Gunawan,” kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menetapkan wakapolri merupakan kewenangan kapolri dan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri. Bambang menyarankan Tito mempertahankan Budi sebagai Wakapolri.

“Ada bagusnya Tito sebagai Kapolri tetap dengan BG (Budi Gunawan) untuk penetrasi dalam hubungan harmonis dengan senior,” ujar Bambang.

Wakil Ketua Komisi III Desmon J. Mahesa mengungkapkan, Luthfi berpeluang menjadi wakapolri. Menurut politkus Gerindra ini, Luthfi didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau wakapolri yang dihadapkan oleh Jokowi adalah Lutfi. Maka, ini (kapolri dan wakapolri) gerombolan orang muda. Ada apa dengan dua tiga tahun Polri ini terhadap sekian banyak jenderal?” ujar Desmond.

Luthfi lulus Akademi Kepolisian pada 1984. Saat ini ia menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

Sedangkan Syafruddin lulus Akademi Kepolisian 1985. Jabatannya sekarang adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat