HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terkait Virus Zika, Australia Keluarkan Peringatan Bepergian ke Indonesia

7

HARIANACEH.co.id — Pihak Pemerintah Australia mengeluarkan travel advisory atau peringatan bepergian bagi warganya yang ingin ke Indonesia. Hal ini terkait ancaman virus Zika.

“Indonesia mengalami penularan sporadis dari virus Zika. Kami memperingatkan kepada warga yang ingin bepergian, untuk melindungi diri atas gigitan nyamuk yang membawa virus Zika,” pernyataan Kedutaan Besar Australia, dalam pengumuman di situsnya pada 17 Juni. Seperti dilansir MTVN, Selasa (21/6/2016).

“Level peringatan masih belum berubah. Kami menyarankan bagi warga untuk tetap waspada di Indonesia, termasuk di Bali,” lanjut peringatan.

Virus Zika diyakini menyerang sel otak dan menimbulkan microcephaly, penyakit di mana ukuran kepala bayi jauh lebih kecil ukurannya. Virus ini menyebabkan otak tidak berkembang.

Kaitan antara Zika dan microcephaly muncul pada akhir 2015 di Brasil. Sekitar 1.400 kasus microcephaly dikonfirmasi memiliki kaitan dengan infeksi virus Zika pada ibu hamil.

Kasus Zika pertama di Indonesia ditemukan pada Januari lalu, ketika seorang ibu hamil di Sumatera berusia 27 tahun dites positif terjangkit virus itu. Padahal perempuan itu tidak pernah bepergian.

Awal bulan ini, seorang pelaut dari Jawa Timur tiba di Taiwan dengan gejala demam dan mata merah. Pria berusia 22 tahun itu kemudian didiagnosis mengidap Zika.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat