HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Seorang Ilmuwan Temukan Mineral di Planet Mars

4

HARIANACEH.co.id — NASA baru-baru ini mengumumkan bahwa wahana antariksa Curiosity berhasil melakukan pengeboran di salah satu permukaan Mars.

Menariknya, Curiosity menemukan sesuatu yang tidak terduga, yaitu mineral bernama tridymite di lapisan permukaan Mars. Sebuah studi dan analisis yang dirilis di Proceedings of the National Academy of Sciences menjelaskan bila temuan tersebut akan mengubah persepsi ilmuwan terhadap Mars.

Menurut Geek, tridymite teridiri dari silikon dioksida (silika), yaitu mineral yang terbentuk dari proses pengkristalan di tekanan rendah dengan temperatur tinggi hingga 800 derajat Celcius. Sejauh ini, tridymite hanya ditemukan di pegunungan berapi yang memiliki banyak kandungan silika.

Terbentuknya tridymite juga melibatkan pergeseran lempengan yang mengakibatkan air dalam tanah bisa mengalir ke permukaan di Bumi. Anehnya, Mars tidak memiliki gunung berapi maupun air.

Tridymite ditemukan di kawah Gale ketika Curiosity menjalankan misi untuk meneliti lapisan permukaan Mars. Setelah dilakukan penelitian menggunakan sinar X, NASA menyimpulkan bahwa permukaan Mars mengandung tridymite.

NASA juga meneliti kemungkinan lain yang membuat tridymite hadir di permukaan planet merah tersebut, namun hingga kini mereka belum menemukan jawabannya.

Meski masih menjadi misteri hingga saat ini, beberapa ilmuwan menganggap penemuan kali ini tidak terlalu mengejutkan. Hal tersebut dikarenakan Mars memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan Bumi, sehingga mungkin saja tridymite bisa terbentuk melalui cara alami lain selain melalui gunung berapi.