HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

18 Tewas dan Puluhan Lain Terluka Pasca Serangan Udara di Suriah

11

HARIANACEH.co.id — Setidaknya 18 warga sipil terbunuh dalam serangan udara di markas besar kelompok militan Islamic State (ISIS) di Raqqa, Suriah.

Menurut lembaga observasi HAM Suriah yang berbasis di London, puluhan orang juga terluka dalam serangan pada Selasa 21 Juni tersebut.

Seperti dilansir BBC, Kamis (23/6/2016), belum diketahui siapa yang melancarkan serangan itu. Namun, sebuah kelompok menunjuk pesawat tempur Rusia sebagai pelakunya.

Selain itu, terjadi lagi serangan udara lanjutan di Raqqa pada Rabu 22 Juni kemarin. Kali ini dilaporkan serangan tersebut dilakukan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Belum ada laporan korban jatuh dari serangan ini yang antara lain mengenai juga gedung pemerintah kota. Serangan udara di Raqqa ini memang menargetkan beberapa daerah di kota yang dikuasai ISIS sejak awal 2014.

Militan ISIS di Raqqa dan Aleppo di bawah tekanan dari dua pihak yaitu, Rusia yang didukung oleh pasukan militer Pemerintah Suriah serta aliansi pejuang Kurdi dan Arab yang didukung oleh AS.

ISIS dilaporkan mengusir mundur pasukan militer pemerintah sampai sekitar kota Tabqa, 40 km sebelah barat Raqqa, setelah dua hari bentrokan sengit yang menewaskan 40 prajurit pemerintah dan militan ISIS.

Sementara itu, pejuang Kurdi yang didominasi oleh Pasukan Demokrasi Suriah (PDS) sementara ini mengepung Manbij, 110 km sebelah barat laut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat