HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

74 Pertanyaan Disiapkan Komisi III DPR untuk Tito

8

HARIANACEH.co.id — Komisi III hari ini bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian. Rencananya, gelaran tersebut akan dimulai pukul 10.00 WIB, pagi ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Anggota Komisi III Masinton Pasaribu mengatakan, dalam gelaran tanya jawab itu. Komisi yang menbidangi hukum ini telah mempersiapkan 74 pertanyaan untuk dijawab Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu.

“Komisi III DPR-RI menyiapkan minimal 74 daftar pertanyaan yang akan disampaikan dalam fit and proper test calon Kapolri pagi ini,” kata Masinton melalui siaran Persnya, Kamis (23/6/2016).

Misalnya, kata politikus PDIP ini, pertanyaan mengenai konsepsi calon Kapolri terhadap reformasi internal kepolisian, profesionalisme sumber daya manusia Polri dalam mengusut kasus-kasus pidana yang efektif dan tidak melanggar HAM akan ditanyakan ke Tito.

Serta optimalisasi citra Polri yang pernah dianggap sebagai salah satu lembaga penegak hukum yang korup juga bakal disinggung dalam uji kelayakan dan kepatutan mantan Kapolda Metro Jaya itu.

“Serta berbagai pertanyaan lainnya yang telah disiapkan oleh masing-masing anggota Komisi III DPR-RI,” ujar Masinton.

Masinton juga menambahkan, uji kelayakan dan kepatutan pagi ini juga sebagai bentuk untuk mewujudkan lembaga kepolisian sebagai lembaga yang profesional dan berwibawa serta mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang semakin kompleks.

Sebab, kata Masinton hal itu sesuai dengan tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Serta mewujudkan supremasi hukum sesuai dgn amanat UUD dan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,” pungkas Masinton.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat