HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pluto Punya Lapisan Air Seluas Laut?

6

HARIANACEH.co.id — Sebuah temuan baru mengungkapkan bila Pluto diperkirakan memiliki lapisan air sebesar laut.

Dalam sebuah penelitian oleh peneliti yang dipublikasikan di Geophysical Research Letters, Pluto dikatakan memiliki lautan yang tertutup oleh es setebal 300 kilometer.

Temuan tersebut berdasarkan penelitian dan pengamatan Pluto yang membuktikan bila permukaan planet terluar tersebut ternyata bisa melebar, seperti es di wilayah Antartika.

Menurut Popular Science, temuan ini berawal dari para ilmuwan yang asalnya ingin meneliti pergerakan lempeng permukaan di planet Pluto. Dalam penelitian tersebut, ilmuwan tidak menemukan adanya kontraksi lempeng sama sekali.

Uniknya, ilmuwan justru berhasil menemukan bila permukaan Pluto bisa melebar. Hal ini membuktikan bila permukaan tersebut sebenarnya merupakan lapisan es tebal yang menyelimuti lautan.

“Temuan ini sangat mengejutkan dan luar biasa. Selama ini kami kami tidak menyangka bila objek terjauh dari matahari bisa memiliki air dengan jumlah yang sangat banyak hingga membentuk lautan,” ujar salah satu peneliti, Noah Hammond.

“Kami memperkirakan bila objek lain yang terdapat di sabuk Kuiper juga memiliki kondisi yang sama dengan Pluto.”

Adanya lautan di Pluto bukanlah satu-satunya hal yang mengejutkan ilmuwan akhir-akhir ini. Sebelumnya, ilmuwan mendapatkan bukti bila di Pluto ternyata memiliki awan dan pergantian cuaca.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time