HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Semua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Setujui Konversi Bank Aceh Menjadi Syariah

4

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Seluruh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh menyetujui konversi Bank Aceh kepada sistem syariah dengan pencabutan Qanun Spin Off yang merupakan pra syarat konversi.

Anggota Komisi III yang juga Ketua Fraksi Partai Aceh Kautsar M Yus mengatakan finalisasi pencabutan qanun tersebut sudah sesuai dengan janji DPRA kepada publik yaitu dalam Ramadhan.

“Harapan kami, Bank Aceh Syariah nantinya dapat memberi pelayanan yang lebih prima dibanding bank konvensional. Memakai nama syariah dibelakang nama bank memiliki beban menjaga nama baik agama, harus mampu memberi pembeda dengan yang lainnya,”kata Kautsar saat menyampaikan pandangan Fraksi Partai Aceh terhadap beberapa qanun Aceh, Jumat (1/7).

Dia berharap Bank Aceh yang sudah menjadi syariah nantinya lebih memihak kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, bukan hanya memfokuskan pada kredit konsumtif pegawai negeri saja.

Hal senada juga disampaikan juru bicara Fraksi Golkar Yuniar, Menurutnya pencabutan Qanun Spin Off itu perlu karena selama ini Bank Aceh masih pada level Spin Off yang berada di bawah sistem Bank Aceh konvensional sehingga masih diperlukan regulasi matang yang seluruhnya menjalankan sistem syariah.

Dia menambahkan Gubernur Aceh telah menjanjikan paling lambat pada awal Agustus 2016 Bank Aceh akan menjalankan sistem perbankan konvensional akan seluruhnya menjadi sistem perbankan yang sesuai dengan syariat Islam

“Untuk mendukung hal itu Kami Fraksi Partai Golkar menyarankan agar menyertakan sofwaer dan SDM dalam pengelolaan bank Syariah,” kata Yuniar

Hal serupa juga disampaikan beberapa fraksi lain, yang menyetujui pencabutan Qanun Spin Off, diantaranya Partai NasDem, PPP, Gerindra PKS.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time