HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS Kutuk Keras Serangan Bom di Baghdad

8

HARIANACEH.co.id — Amerika Serikat mengutuk keras serangan bom kelompok militan Islamic State (ISIS) yang menewaskan lebih dari 100 orang di sebuah distrik di Baghdad, Irak.

Gedung Putih menyebut serangan itu sebagai aksi teror “keji” terhadap warga sipil yang sedang menikmati hidangan usai berbuka puasa atau tengah menanti pertandingan sepakbola Piala Eropa 2016.

Menurut laporan sejumlah kantor berita, bom mobil di distrik Karrada menewaskan lebih dari 120 orang dan melukai sekitar 150 lainnya. Ini merupakan serangan ISIS paling mematikan di Irak sepanjang 2016.

“Kami tetap berdiri tegak bersama warga dan pemerintah Irak dalam upaya menghancurkan ISIL,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Ned Price, menggunakan akronim lain dari ISIS, seperti dilansir washingtontimes.com, Minggu (3/7/2016).

“Serangan ini hanya akan memperkuat tekad kami dapat mendukung pasukan keamanan Irak, yang terus melanjutkan operasi merebut banyak wilayah dari ISIL. Kami juga terus mengintensifkan upaya kami dalam menghancurkan jaringan teroris ISIS dan para pemimpinnya,” sambung dia.

Melalui pernyataan di dunia maya, ISIS mengklaim serangan di Karrada. Ini merupakan serangan ketiga ISIS dalam sepekan terakhir, setelah sebelumnya mengklaim aksi teror di Bangladesh yang menewaskan 20 sandera dan dua polisi.

Sementara di bandara Ataturk, Turki, serangan tiga bom bunuh diri yang diklaim ISIS menewaskan lebih dari 40 orang.

loading...