HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pikiran Santai, Lahirkan Banyak Ide Kreatif

6

HARIANACEH.co.id — Beberapa orang merasa lebih mudah mendapatkan ide saat pikiran sedang santai. Mengapa demikian?

Sebuah studi baru dari para peneliti di Bar-Ilan University di Israel menunjukkan, pikiran yang jernih membuat seseorang lebih kreatif.

Dalam tiga percobaan yang berbeda, sekitar 20 orang menyelesaikan tugas asosiasi bebas yang sama. Mereka harus cepat dalam menyebutkan hal pertama yang muncul di kepala mereka setelah mendengar serangkaian kata-kata tertentu.

Dalam setiap percobaan, para peneliti memanipulasi “beban kognitif” dari para peserta dengan berbagai tugas tambahan. Sebagai contoh, beberapa orang diminta untuk mengingat dua digit (untuk beban kognitif rendah), sementara yang lain harus menngingat tiga huruf pertama dari setiap kata target (beban kognitif tinggi).

Para peneliti menemukan, peserta dengan beban kognitif yang lebih rendah memberikan tanggapan yang lebih kreatif.

Penelitian tersebut sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Jonathan Schooler, PhD, profesor di departemen ilmu psikologis dan otak di University of California, Santa Barbara.

Hasil penelitikan yang dilakukan pada 2012 tersebut mengungkapkan, dorongan kreatif terbaik keluar saat seseorang tidak sedang dalam tuntuan. Contohnya, banyak orang mendapatkan ide kreatif ketika sedang mandi atau olahraga santai.

“Merenungkan masalah yang sama, terutama ketika Anda sedang stres atau tegang, tidak akan menghasilkan solusi kreatif,” kata Schooler seperti dilansir MTVN, Minggu 03/07.

Sebaliknya, ketika berjalan kaki, maka otak akan diberi kesempatan untuk berpikir secara acak, dan terobosan tak terduga akan muncul.

loading...